KOMPETENSI APARATUR GAMPONG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Kantor Geuchik Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan)
Keywords:
Kompetensi Aparatur, Pelayanan Publik, Gampong, Kantor Geuchik, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi aparatur gampong dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat desa, khususnya di Kantor Geuchik Gampong Kota Fajar, Kabupaten Aceh Selatan. Permasalahan yang diangkat yaitu rendahnya pemahaman dan pengembangan kompetensi yang belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi aparatur serta mengkaji upaya peningkatan kompetensi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Geuchik, aparatur gampong, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, dan kemampuan komunikasi menjadi faktor utama yang mempengaruhi kompetensi aparatur. Selain itu, pelayanan publik di Kantor Geuchik mengalami peningkatan seiring dengan adanya pelatihan internal dan pembinaan yang dilakukan secara berkala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kompetensi aparatur sangat berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta berdampak positif terhadap kepuasan masyarakat. Peningkatan pelayanan publik di Kantor Geuchik Kota Fajar, Aceh Selatan, dipengaruhi oleh peningkatan kompetensi aparatur gampong. Jika aparatur gampong memiliki kemampuan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya, baik dalam hal teknis maupun komunikasi dengan masyarakat, kualitas pelayanan akan meningkat








