PERAN APARATUR GAMPONG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI REMAJAUNTUK MELANJUTKANPENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi di Gampong Pakiraman Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil)
Keywords:
Peran Aparatur Gampong, Motivasi Remaja, Pendidikan TinggiAbstract
Aparatur gampong merupkan tingkatan pemerintahan paling rendah dalam struktur pemerintahan Indonesia dan memegang peranan penting dalam keberhasilan usaha pembangunan nasional yang menyeluruh. Tingkat partisipasi remaja di Gampong Pakiraman, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil untuk melanjutkan pendidikan tinggi masih rendah, menimbulkan kekhawatiran akan masa depan generasi muda setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran aparatur gampong pakiraman dalam meningkatkan motivasi remaja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Gampong Pakiraman Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 3 orang Aparatur Gampong Pakiraman, 3 orang tua dan 3 orang remaja tamatan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan perguruan tinggi yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Gampong Pakiraman untuk kegiatan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu hasil wawancara dengan informan penelitian, dan data sekunder yaitu dokumentasi yang berasal dari data-data yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran aparatur gampong di Gampong Pakiraman dalam memotivasi remaja untuk melanjutkan pendidikan tinggi yaitu dengan memberikan informasi serta memberikan dukungan moral. (2) Faktor yang mempengaruhi keputusan remaja untuk tidak melanjutkan pendidikan tinggi adalah ekonomi; beasiswa; lingkungan dan motivasi individu remaja Pakiraman.








